Upacara Hari Lahir Ma'arif NU ke-90 di MI AL HIKMAH

Menindak lanjuti Instruksi kepada seluruh jajaran LP Ma’arif NU dari Pimpinan Pusat,  berkenaan dengan hari lahir Lembaga Pendidikan Maarif yang  dalam edaran yang ditandatangani Ketua LP Ma'arif NU H Arifin Junaidi dan Sekretaris Harianto Ogie, disebutkan instruksi juga berlaku untuk satuan pendidikan di lingkungan Nu

LP Ma’arif NU pada tahun ini genap berusia 90 tahun, terhitung sejak disahkannya pada muktamar ke-4 Nu,di Semarang tahun 1929. Tema harlah ke-90 LP Ma’arif NU adalah Menuju Indonesia Unggul, LP Ma’arif NU Menyiapkan Generasi Emas 2026. 

Hal inilah yang melandasi MI AL HIKMAH menggelar upacara Hari Lahir LP Ma'arif, karena MI AL HIKMAH adalah salah satu lembaga pendidikan yang sejak awal pendirian dibawah naungan LP MAARIF.

Upacara di Komandani oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Masangan Bapak Ali Shodiqin.S.Pd yang menyampaikan  pidato harlah ketua LP Ma’arif NU Pusat dalam upacara tersebut.

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadlirot Allah SWT, karena hingga hari kita masih bisa berkhidmat di dunia pendidikan melalui Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU. Sholawat serta salam kita sampaikan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, nabi terakhir yang menjadi inspirasi utama kita dalam mencetak dan mendidik umat manusia.

Siswa- siswi yang saya banggakani, banyak hal yang positif yang menandai kiprah LP Ma’arif NU dalam lima tahun terakhir. Sebagai lembaga resmi PBNU untuk menangani satuan pendidikan di lingkungan warga nahdliyyin, LP Ma’arif NU memiliki tanggung jawab besar untuk mengembalikan kejayaan NU dalam bidang pendidikan sebagaimana dilakukan tokoh-tokoh NU sejak kelahirannya pada 19 September 1929.

 Kejayaan pendidikan NU ditandai lahirnya tokoh-tokoh dari NU yang memiliki kemampuan cukup tinggi yang dapat disumbangkan untuk pembangunan bangsa dan negara. LP Ma’arif NU berperan penting dalam menghantarkan mereka pada suatu gerbang kapabilitas dan kredibilitas yang membentuk kesadaran tentang kiprah NU untuk bangsa. Sederet tokoh besar yang terlahir dari rahim LP Ma’arif NU. Kemampuan mereka tidak hanya membawa nama NU dalam khazanah keilmuan dunia, tapi juga menjadikan bendera Merah Putih sebagai lambang negara kesatuan berkibar di dunia internasional. Peran-peran mereka dalam konteks sosial-politik bangsa mencatatkan bahwa NU sebagai lumbung intelektual berkelas internasional.

Keberhasilan para tokoh NU menerjemahkan Aswaja sebagai ideologi dunia tidak terlepas dari intelektualisme dan spiritualisme yang dibangun melalui satuan pendidikan yang bernaung di bawah LP Ma’arif NU. Ideologi inilah yang dalam perkembangannya mempengaruhi dalam penyusunan dasar-dasar negara., sejumlah tokoh NU tidak hanya berperan besar dalam pendirian Indonesia, tetapi yang lebih penting adalah terlibat dalam penyusunan Pancasila dan UUD 1945 yang mampu menyatukan anak-anak bangsa dalam satu kesatuan negara yang kemudian disebut NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

LP Ma’arif NU berperan besar dalam membentuk intelektualisme dan spiritualisme warga nahdlyyin. Membawahi ribuan satuan pendidikan yang tersebar di pelosok negeri, dari Sabang sampai Merauke,  Tokoh-tokoh NU yang dihasilkan dari rahim LP Ma’arif NU memberikan sumbangsih cukup untuk pembangunan bangsa dan negara.

Dalam lima tahun terakhir, LP Ma’arif NU telah melakukan sejumlah kegiatan yang memberikan gairah baru.

Pertama, menghidupkan satuan pendidikan. Sejauh ini LP Ma’arif NU telah menyuntikkan energi positif pada setiap pengelola satuan pendidikan NU untuk segera menata dan bangkit kembali untuk meraih hari esok yang lebih ceria.

Kedua, sekolah internasional. Dalam lima tahun terakhir LP Ma’arif NU mampu mendorong pada guru dan pengelola pendidikan untuk membuka kelas-kelas internasional. Dalam lima tahun terakhir kelas ini telah tumbuh beberapa sekolah dan madrasah bertaraf internasional. Perkembangan positif ini terjadi di sejumlah kota besar seperti Surabaya, Semarang, dan lainnya, yang disambut positif oleh masyarakat. Sekolah dan madrasah tidak pernah sepi dari peminat dan tidak kalah menarik dibanding sekolah/madrasah negeri.

Ketiga, penguatan karakter dan ideologi Aswaja. LP Ma’arif NU dalam lima tahun terakhir telah berperan penting dalam penguatan karakter dan penanaman ideologi. Hal ini dilakukan melalui gerakan pramuka baik tingkat penggalang maupun wirakarya. Perkemahan Pramuka Ma’arif NU yang dilakukan 2 tahun sekali berperan dalam penanaman ideologi Aswaja. Dalam kemah ini ribuan siswa hadir menjadi peserta dan penggiat pramuka yang setia pada Aswa dan Pancasila.

 Keempat, pusat pelatihan. LP Ma’arif NU merencanakan dalam satu tahun ini untuk membangun pusat pelatihan (LP Ma’arif NU Training Center). Pusat pelatihan direncakan akan dibangun di Jakarta sebagai tempat pelatihan para guru dan tenaga kependidikan Ma’arif NU. Semua kegiatan LP Ma’arif NU muaranya satu, pembentukan generasi unggul sebagaimana cita-cita pemerintah atau dalam konteks LP Ma’arif NU disebut generasi emas. Penciptaan generasi emas ini ditargetkan pada saat NU berulang ke-100 tahun pada tahun 2026. Sejumlah langkah yang dilakukan LP Ma’arif NU yakin bahwa kita sedang menuai hasil di tahun 2026, lahirnya generasi emas. Akhirnya, selamat ulang tahun ke-90 LP Ma’arif NU. Mari rayakan hari ulang tahun LP Ma’arif NU dengan karya-karya nyata dan program-program unggulan menuju generasi emas 2026. Wallahul Muwafiq Ila Aqwamit Thoriq, Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Pengurus LP Ma'arif NU Pusat

19 September 2019

 Semoga dengan kegiatan seperti ini seluruh warga Madrasah Khususnya  Warga MI AL HIKMAH merasa bangga dan mempunyai kepedulian  rasa memiliki LP Maarif dan turur serta memajukan lembaga dnegan mempersembahkan prestasi yang luar biasa menyongsong generasi Emas tahun  2026.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato hubbul wathon

KENANGAN INDAH DI PERSAMI

Belajar Binatang di Taman Safari Indonesia